Tips Cara Sederhana Mengatasi dan Menghindari Penyakit Flu

shares |

Tips Cara Sederhana Mengatasi dan Menghindari Penyakit Flu. Perubahan cuaca menjadi salah satu hal yang sangat dikhawatirkan oleh semua orang. Mulai dari cuaca panas berubah menjadi cuaca dingin atau sebaliknya, cuaca dingin berubah menjadi cuaca panas. Seperti yang kita ketahui, biasanya perubahan cuaca sudah ada ketentuannya, seperti di negara kita ini Indonesia mulai dari bulan April sampai dengan bulan September cuaca di Indonesia adalah cuaca panas atau biasa kita sebut dengan musim panas/kemarau, dan mulai dari bulan Oktober sampai dengan bulan Maret terjadi cuaca dingin atau musim dingin.

Tetapi seiring perubahan zaman dan kondisi bumi semakin memburuk, seperti adanya pemanasan global, cuaca bumi menjadi tak menentu. di negara kita Indonesia perubahan cuaca tidak seperti yang sudah ditetapkan. Sebagai contoh bulan April saja tidak terjadi musim panas, malah terjadi musim hujan. Hal ini dikarenakan kondisi bumi yang tidak stabil karena terjadi pemanasan global atau terjadi efek rumah kaca. Tentunya hal ini akan mendatangkan berbagai macam penyakit, salah satu macam penyakit yang disebabkan oleh perubahan cuaca adalah Penyakit Flu.

Pilek merupakan gejala penyakit dari flu yang disebabkan oleh virus influenza. Virus ini sangat menyukai perubahan cuaca yang ekstrim. Meskipun pilek hanya gejala, tetapi pilek ini dapat membuat orang yang terkena merasakan tidak enak badan, hidung mampet, dan disertai dengan sakit kepala.
tips atasi sakit flu
Flu merupakan penyakit dengan ditandai adanya ingus yang keluar dari hidung. Flu ini adalah tahap kedua setelah adanya gejala yang disebabkan oleh virus influenza yaitu pilek. Flu ini dikatakan sebagai penyakit utama dan sangat mengganggu aktivitas yang kita lakukan. Bukan hanya ingus yang keluar tetapi hidung pun akan merasa sakit karena tergores oleh kain atau tisu untuk mengusap ingus tersebut, tentunya hal ini akan membuat kulit sekitar hidung terkelupas seperti kulit ular. Jika flu ini dibiarkan begitu saja tidak diobati, maka batuk pun akan terjadi. Batuk flu biasanya disertai dengan adanya dahak dan tenggorokan akan terasa sakit.

Tapi anda jangan khawatir dengan kedatangan penyakit ini, karena saya akan bagikan tips atau cara sederhana mengatasi dan menghindari penyakit ini.
Ini dia tips atau cara sederhana mengatasi dan menghindari penyakit flu. Cek it out !

1. Hindari kecapean berlebih. Jika anda adalah orang yang berkarir, usahakan pekerjaan anda diatur sedemikian rupa. Jangan sampai waktu istirahat anda digunakan juga untuk bekerja. Luangkan waktu untuk istirahat ketika jam bekerja dan setelah bekerja luangkan waktu beberapa jam untuk tidur.

2. Bagi anda yang suka jalan-jalan, terutama yang pakai sepeda motor, gunakan jaket saat berkendara. Hal ini untuk menghindari terjadinya masuk angin. Masuk angin dapat mengakibatkan terjadinya flu, karena kondisi tubuh yang tidak fit.

3. Jika anda sudah melakukan aktivitas yang berat, misalnya kerja lembur sampai malam, jangan mandi dengan air dingin, hal ini akan memicu virus influenza masuk ke dalam tubuh sehingga terjadi flu. Usahan badan hanya dilap saja tanpa harus mandi, atau mandi dengan air hangat.

4. Vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya dalah vitamin C. Vitamin ini dapat menjaga tubuh anda dari virus influenza. Vitamin ini terkandung dalam buah-buahan seperti jeruk, jambu, dan buah-buahan lainnya.

5. Jika ada teman anda yang sudah terkena flu, hindari kontak langsung secara berdekatan, katrena virus influenza menular melalui udara. Ketika teman anda bersin, tutup mulut dan hidung anda atau menghindar sebentar darinya.

6. Tenggorokan gatal, merasa haus terus, terkadang tenggorokan sakit, hal ini yang harus anda ketahui. Hal itu merupakan gejala akan terjadinya flu. Jika anda merasakan hal itu, segeralah anda banyak minum air putih, jam istirahat ditambah, dan hindari kleuar rumah ketika cuaca sedang tidak mendukung.

7. Makanlah makanan yang bergizi dengan porsi yang cukup. Supaya kondisi badan tetap fit dan terhindar dari penyakit influenza.

8. Bagi anda yang sering terkena penyakit ini, mungkin ada kesalahan di tempat tinggal anda. Bukan salah tempatnya di mana, tetapi kondisi udara dan kebersihannya. Bukan hanya bakteri yang suka berdiam di tempat yang kotor, tetapi virus pun sama. Jadi virus influenza tidak hanya berdiam dan menyebar dari orang ke orang tetapi lingkungan yang buruk pun menjadi tempat kediaman virus ini.

Demikian tips atau cara sederhana mengatasi dan menghindari penyakit flu. Yang terpenting adalah ketika cuaca baik atau buruk kita harus tetap menjaga kondisi badan kita. Jangan lupakan asupan makanan yang cukup, lingkungan yang kita tempati baik, dan istirahat yang tidak berlebih atau kurang. Semoga bermanfaat buat kita semua. Keep Healty ! Salam :-'

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar