Rabu, 28 September 2016

10 Kiat Mudah Menghilangkan Bulu Kaki dan Tangan Secara Alami dan Permanen

Cara Mudah Menghilangkan Bulu Kaki dan Tangan Secara Alami dan Permanen. Bagi para lelaki, bulu atau rambut di kaki dan tangan menjadi identitas diri dari statusnya sebagai laki-laki maco, tapi tidak berlaku bagi para wanita. Wanita selalu menginginkan kulit mulus dan putih tanpa ada bulu, karena itu banyak diantaranya yang mencukurnya sampai habis. Mereka melakukan apa saja agar bulu rambut di kaki dan tangan tidak tumbuh lagi atau permanen.

Mencukur bulu kaki dan tangan memang terlihat mudah, tapi jika salah ada banyak resiko yang bisa terjadi, seperti iritasi dan bulu atau rambut akan tumbuh kembali dan bahkan bisa lebih lebat dari sebelumnya. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencukur rambut dan harus dilakukan dengan penanganan yang tepat. Berikut cara mencukur rambut dengan benar.

1. Sebelum mencukur bulu kaki dan tangan, basuh terlebih dahulu dengan air hangat agar pori-pori pada folikel rambut terbuka dan memudahkan saat dicukur.

2. Olesi kaki dan tangan dengan krim khusus pencukur rambut agar lebih mudah dan tidak terasa perih di kulit.

3. Cukur rambut atau bulu kaki dan tangan dengan alat cukur yang masih baru dan pisaunya yang masih tajam agar bulu mudah dicukur. Cukur bulu dengan arah berlawanan tumbuhnya bulu, yaitu dari bawah ke atas.

4. Setelah selesai, cuci dengan sabun dan air bersih. Lalu oleskan krim khusus agar bulu tidak muncul kembali.
Jika terdapat luka setelah mencukur sebaiknya langsung taburi bedak bayi untuk meminimalisir rasa perih.
Selain dengan cara mencukur, cara untuk menghilangkan bulu kaki dan tangan bisa menggunakan cara modern lainnya seperti Laser Hair Removal. Cara ini biasa dilakukan di klinik kecantikan dengan harga yang cukup lumayan mahal, dan ini biasanya dilakukan oleh para artis. Hasilnya sesuai dengan keinginan tapi beberapa efek samping bisa timbul dari laser hair removal ini seperti iritasi dan rasa terbakar dari sinar laser.

Adapun cara yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang yaitu dengan cara mencabutnya satu persatu atau Tweezing, dan dengan cara Waxing atau mencabutnya dengan menggunakan cairan lengket lalu ditarik dengan kain khusus. Kedua cara ini cukup efektif bisa mencabut bulu sampai ke akarnya.
cara menghilangkan bulu kaki dan tangan secara alami dan permanen
Untuk menghilangkan bulu secara alami, anda bisa menggunakan bahan-bahan yang ada disekitar anda. Cara alami ini bisa merontokkan bulu secara permanen. Berikut cara merontokkan bulu rambut kaki dan tangan secara alami dan permanen.

1. Kunyit dan Susu

Kedua bahan ini diperyaca ampuh merontokkan bulu kaki dan tangan jika dilakukan secara rutin. Caranya cukup mudah, anda bisa memarud kunyit sampai halus atau bisa menggunakan bubuk kunyit yang sudah jadi, lalu campurkan dengan susu murni sampai mengental dan menjadi pasta. Oleskan pada seluruh kaki dan tangan sampai seluruh bulu tidak ada yang tersisa. Tunggu sampai kering atau kurang lebih 20 menit, lalu bilas.

2. Kunyit dan Kapur Sirih

Orang tua zaman dulu menggunakan kapus sirih sebagai cara efektif untuk menghilangkan bulu rambut terutama di bagian ketiak. Kapur sirih ini akan menimbulkan panas sehingga rambut pada kulit akan rontok. Anda bisa menggunakannya untuk merontokkan bulu pada kaki dan tangan dengan mencampurnya dengan kunyit. Oleskan pada kaki dan tangan secara menyeluruh dan diamkan sampai kering lalu bilas. Penggunaan kapur sirih jangan terlalu banyak, karena dapat menimbulkan panas sehingga dapat membakar kulit anda. Perbandingannya 1 : 3

3. Gula, Putih Telur, dan Tepung Terigu

Penggunaan campuran gula, putih telur, dan tepung terigu bisa digunakan untuk merontokkan bulu halus pada kaki dan tangan. Cara ini tidak akan memberikan efek samping apa-apa, jadi sangat aman untuk kulit.

4. Lemon, Gula, dan Madu

Cara ini yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Caranya sama dengan waxing yaitu menggunakan kain khusus untuk menarik rambut bulu kaki dan tangan. Cara membuat cairan lengketnya yaitu :
  1. Masukkan ke dalam panci kecil gula pasir secukupnya, perasan jeruk lemon, dan madu asli. Tidak perlu menambahkan air karena sudah ada cairan dari air lemon.
  2. Masak campuran tersebut sampai mengental seperti karamel.
  3. Setelah mengental angkat dan dinginkan sebentar.
  4. Oleskan pada kaki ataupun tangan, lalu tempelkan kain pada bagian yang diolesi pasta tersebut. Tekan lalu tarik.
  5. Bulu rambut kaki dan tangan akan terangkat dari akarnya.
5. Kapur Barus dan Lada Putih

Cara menggunakan kapur barus dan lada putih adalah dengan membuat masker. Caranya haluskan kapur barus dengan lada putih dengan cara ditumbuk atau diulek. Lalu masukkan ke dalam wadah kecil dan tambahkan minyak almond agar mengental. Oleskan pada rambut kaki dan tangan sampai rata. Diamkan sampai mengering lalu bilas dengan air bersih.

Kapur barus dan lada putih memiliki sifat panas, sehingga saat menempel dikulit akan menimbulkan rasa terbakar sehingga bulu atau rambut di kaki dan tangan akan rontok. Untuk mengatasi rasa terbakar di kulit, anda bisa mengolesi minyak zaitun atau lotion agar rasa panas bisa diatasi.

5 cara di atas bisa anda gunakan untuk perawatan setiap minggunya, agar bulu kaki dan tangan anda bisa cepat rontok dan tidak tumbuh lagi. Cara di atas sangat efektif dan efisien sehingga sangat mudah untuk mendapatkan bahan dan cara membuatnya. Dengan cara modern juga kamu akan mendapatkan kulit mulus bebas bulu seperti waxing dan laser hair removal.

Baca juga : 21 Tips Kecantikan Alami Untuk Perawatan Tubuh

Gimana, mudah kan caranya? Tapi sebelum anda menghilangkan rambut atau bulu kaki dan tangan sebaiknya anda cari tahu dulu apa efek samping dari penghlangan bulu kaki dan tangan ini, karena Tuhan menciptakan sesuatu selalu ada manfaat dibaliknya. Oke, semoga bermanfaat informasi yang diberikan. Selamat mencoba!
Jumat, 23 September 2016

Resep Simple dan Mudah Membuat Gabin Roti Isi Goreng

Resep Simple dan Mudah Membuat Gabin Roti Isi Goreng. Pagi-pagi enaknya sarapan makanan ringan tapi bisa mengenyangkan perut. Kira-kira apa ya? Nah aku dapat resep dari tetangga sebelah yaitu bikin gabin goreng isi aja. Kalo sarapan roti sama nasi goreng sudah mainstream, kenapa enggak dengan gabin goreng.

Gabin ini tidak diketahui asalnya dari mana, tapi yang jelas gabin goreng sudah menjadi jajanan khas Indonesia yang dapat mengganjal perut selain gehu dan bakwan. Kalau di daerahmu belum ada jajanan gabin goreng ini, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, selain dihidangkan untuk keluarga kamu bisa mencoba membuatnya untuk usaha kulinermu di sana.

Cara membuat gabin goreng sangatlah mudah, dan bahan-bahan yang diperlukan bisa di dapatkan di dapur sendiri. Bahan yang paling utama adalah gabin itu sendiri atau biskuit seperti malkist tapi rasanya asin. Nah, resep yang akan saya bagikan tidak pakai biskuit tapi pakai roti. Rasanya sama-sama enak kok. Yuk ikuti cara membuat gabin roti isi goreng yang mudah dan simple berikut ini!
cara membuat gabin goreng isi
Gabin Roti Isi Goreng
Bahan Membuat Gabin Roti Goreng Isi
  • 10 lembar roti tawar
  • 3 butir telur
  • Tepung panir secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng
Bahan Isian
  • 1 daging dada ayam yang sudah direbus
  • 3 buah wortel ukuran sedang
  • 1 setengah buah kentang ukuran sedang
  • 2 helai daun bawang
  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • Merica bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 3 sendok makan tepung terigu
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • Sedikit air
  • 1 bungkus susu kental manis warna putih
  • Anda boleh menggunakan penyedap rasa
Cara Membuat Isian Gabin
  1. Suwir-suwir daging ayam atau potong dadu juga boleh, sisihkan.
  2. Potong dadu kecil wortel dan kentang.
  3. Cincang kasar daun bawang dan cincang halus bawang putih dan bawang merah.
  4. Campurkan semua bahan dalam satu wadah.
  5. Panaskan minyak goreng sedikit saja untuk menumis.
  6. Setelah panas, masukkan semua bahan isian dan tumis sampai matang.
  7. Tambahkan merica dan garam secukupnya atau anda bisa menggantinya dengan penyedap rasa agar terasa lebih gurih dan enak. Aduk sampai merata.
  8. Tambahkan tepung  terigu, lalu tepung maizena, dan sedikit air. Aduk sampai mengental.
  9. Tambahkan susu kental manis sebagai pengganti gula.
  10. Aduk lagi, sampai benar-benar mengental dan matang.
  11. Setelah matang, angkat dan sisihkan.
Cara Membuat Gabin Roti Isi Goreng
  1. Kocok lepas telur, lalu sisihkan.
  2. Ambil dua helai roti lalu isi dengan isian yang sudah dibuat tadi. Ketebalan isian bisa anda tentukan sendiri.
  3. Rekatkan isian dengan dua helai roti.
  4. Celupkan pada kocokan telur sampai rata semua sisi lalu gulingkan pada tepung panir sampai tertutup semuanya.
  5. Lakukan hal yang sama pada gabin berikutnya.
  6. Panaskan minyak goreng yang banyak sampai bisa menutupi gabin saat digoreng.
  7. Goreng gabin satu per satu sampai berwarna kecokelatan.
  8. Angkat dan tiriskan.
  9. Belah gabin secara menyamping menjadi dua bagian. Dan siap disajikan.
  10. Anda bisa menambahkan cabe rawit dan saus pedas sebagai tambahannya.
Nyam, pasti sarapan anda akan lebih berbeda dari pagi biasanya. Gimana, mau mencoba membuatnya di rumah? Sangat gampang kan cara membuatnya. Resep ini sama dengan membuat risoles hanya anda mengganti kulitnya dengan biskuit atau roti saja.

Baca juga resep masakan lain yang gak kalah enaknya di kategori kuliner dan resep masakan. Ada ratusan resep yang bisa kamu pilih untuk menu harian bersama keluarga. Semoga bermanfaat.
Kamis, 22 September 2016

Tips Menghilangkan Flek Hitam dengan Pepaya dan Kulit Semangka

Tips Menghilangkan Flek Hitam dengan Pepaya dan Kulit Semangka. Di usia 30-an, flek hitam dan keriput mulai muncul sebagai tanda bahwa anda sudah tua. Ops! Selain di usia 30-an, saat ini banyak para wanita yang mengeluhkan baru menginjak umur 25 tanda penuaan dini sudah muncul dan bahkan semakin banyak. Jangan heran, ini disebabkan karena beberapa faktor, yaitu diantaranya:

Gen, gen menjadi faktor terbesar dari kemunculan penuaan dini, mungkin saja orang tua anda sendiri di usia muda sudah terlihat tua. Hal ini bisa turun ke diri anda.

Yang kedua adalah faktor dari diri anda sendiri. Mungkin anda sering gonta ganti merk kecantikan sehingga kulit sering diberi nutrisi bahan kimia, apalagi jika produk kecantikan yang anda gunakan mengandung mercuri. Bahan kimia yang terkandung dalam kosmetik dapat menyebabkan kulit cepat berubah dan hilang antioksidan alaminya sehingga kulit menjadi keriput dan muncul noda hitam.
Tips alami hilangkan flek hitam di wajah
Kemunculan penuaan dini di usia muda memang menjadi momok besar bagi para wanita, kenapa tidak? Karena kecantikan diri adalah hal paling utama dalam diri mereka. Jika wajah terlihat tua di usia dini mungkin tidak ada yang mau menengok, apalagi kalau belum menikah, mungkin dikira tante-tante.

Tapi anda tidak usah khawatir akan flek hitam yang muncul secara tiba-tiba di kulit wajah , karena hanya dengan menggunakan bahan alami anda bisa menghapus flek hitam dari kulit cantik anda. Berikut cara menghilangkan flek hitam dengan menggunakan pepaya dan kulit semangka.

Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Pepaya

Buah pepaya memang enak dimakan, selain khasiatnya yang dpaat memperlancar sistem pencernaan ternyata buah semangka juga memiliki khasiat untuk kecantikan, yaitu dapat menghilangkan flek hitam pada kulit wajah.
cara menghilangkan flek hitam dengan pepaya
Pepaya mengandung papain dan enzim yang mengeksfoliasi kulit dengan mendorong sel-sel baru tumbuh, sehingga kulit tampak lebih cerah dan bercahaya. Papain pada pepaya hijau dapat menghambat tirosinase enzim yang dapat menghambat proses penuaan dini salah satunya adalah flek hitam. Anda bisa menggunakan buah pepaya ini sebagai masker dan scrub alami untuk kecantikan kulit. Caranya yaitu :
  • Ambil beberapa potong buah pepaya matang ataupun hijau, lalu haluskan. Anda bisa menghaluskannya dengan blender.
  • Setelah halus, anda bisa mencampurnya dengan perasan jeruk nipis.
  • Oleskan pada bagian kulit yang terkena flek hitam.
  • Diamkan kurang lebih 15 menit, dan siram dengan air bersih.
  • Lakukan cara ini 2 hari sekali agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Selain menggunakan buahnya, kulit dari pepaya ini juga bisa digunakan sebagai scrub alami yang dapat memutihkan bagian sikut dan lutut anda.

Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Kulit Semangka

Buah semangka adalah buah yang tak kenal musim, setiap tahunnya anda pasti akan menemukan buah berwarna merah ini. Jadi anda tidak akan kebingungan untuk mencarinya.
cara menghilangkan noda hitam di wajah dengan semangka
Selain buahnya yang kaya akan manfaat, kulit semangka juga ternyata memiliki khasiat yang luar biasa untuk kecantikan, yaitu dapat menghilangkan flek hitam di kulit. Caranya sangat mudah, anda cukup menggosokkan kulit semangka pada wajah secara merata. Diamkan beberapa saat sampai sari semangka meresap ke dalam pori-pori kulit. Sebelum menggosokkan kulit semangka ini, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah agar tidak ada kotoran yang menempel. Jika sari semangka sudah dirasa meresap di kulit, basuh wajah dengan air bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang ideal, sebaiknya dilakukan minimal 3 kali dalam seminggu. Dalam beberapa waktu flek hitam anda akan memudar.

Sangat mudah kan menghilangkan flek hitam dengan bahan yang ada di sekitar kita. Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan banyak uang untuk pergi ke klinik kecantikan, cukup dengan buah pepaya dan kulit semangka anda sudah bisa merasakan kulit awet muda dan putih tanpa noda hitam.

Ada juga masker alami yang sudah dikemas dan dijual. Tentunya masker ini sangat aman tanpa bahan kimia berbahaya. Masker ini berkhasiat dapat menghilangkan flek hitam, noda bekas jerawat, dan memutihkan kulit. Semuanya dikemas dalam Masker Roromendut Rempah Hitam. Silahkan cek artikelnya ya di sini Review Masker Rempah Hitam

Semoga bermanfaat informasi yang diberikan. Selamat mencoba di rumah ya ladies.

6 Manfaat Mandi Sebelum Subuh Bagi Kesehatan

Manfaat Mandi Sebelum Subuh Bagi Kesehatan. Di pagi hari yang sejuk rasanya malas untuk pergi mandi, apalagi mandi di waktu dini hari sebelum subuh pasti ingin tetap berada di kasur yang empuk dan diselimuti selimut yang hangat.

Mandi bukan semata-mata untuk membersihkan badan dari kotoran yang menempel, tapi untuk kesehatan raga dari dalam juga. Seperti yang dikatakan oleh ahli kesehatan dokter spesialis penyakit dalam dari FK UI dan RS Medistra yaitu Dr. dr. Aru W. Sudoyo. MD, bahwa mandi pagi secara medis dapat merangsang sistem peredaran darah dan persyarafan menjadi lebih aktif. Hal ini timbul sebagai reaksi aktif terhadap rangsangan suhu dingin secara singkat.

Selain dari ilmu kedokteran, menurut ilmu agama pun mandi pagi sangat bermanfaat bagi kesehatan jiwa dan raga, apalagi jika mandi pagi dilakukan sebelum matahari terbit atau sebelum subuh. Menurut riwayat Rasulullah Saw. tak pernah sakit sepanjang hayatnya karena pandai menjaga kesehatannya, yaitu dengan selalu menjaga makanan dan selalu mandi sebelum subuh.
manfaat dan kelebihan mandi pagi sebelum subuh
Mungkin diantara kita manfaat mandi sebelum subuh belum banyak yang tahu, padahal manfaatnya sangat banyak dan luar biasa bagi kesehatan. Sebelum saya berbagai kelebihan dan manfaat mandi sebelum subuh, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika kita akan mandi, berikut diantaranya:
  1. Gunakan air dingin saat mandi pagi. Ini akan merangsang peredaran darah menjadi lancar.
  2. Mulailah untuk membasahi kaki terlebih dahulu sebelum menuangkan air ke kepala. Lalu tuangkan air ke lutut, perut, dan bahu. Diamlah sebentar kurang lebih 5 detik. Hawa panas dari dalam tubuh akan keluar melalui kepala. Jika langsung menuangkan air ke kepala bisa terjadi kejang atau stroek.
  3. Tuangkan air ke kepala dan seluruh badan sampai bersih.

Kelebihan dan manfaat dari mandi subuh bagi kesehatan adalah :

Melancarkan Peredaran Darah

Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa mandi pagi dengan air dingin akan merangsang sistem peredaran darah menjadi aktif dan lancar. Hal ini disampaikan juga dari berbagai penelitian dari sebuah lembaga riset trombosit di Inggris, yaitu jika seseorang mandi pagi dengan air dingin maka peredaran darahnya akan lancar dan tubuh menjadi lebih segar dan bugar. Jika peredaran darah lancar dan tubuh terasa segar maka kegiatan sehari-hari kita akan lebih energik tanpa rasa letih.

Meningkatkan Sel Darah Putih

Sel darah putih merupakan sel aktif yang dapat melindungi kita dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Ternyata mandi pagi sebelum subuh dengan menggunakan air dingin dapat meningkatkan sel darah putih dari segi kemampuan dan banyaknya. Jika sel darah putih meningkat maka terjangkitnya suatu penyakit akan berkurang. Daya tahan tubuh kita semakin meningkat.

Terhindar dari Resiko Hipertensi dan Penyakit Jantung

Mandi pagi dapat melancarkan sistem peredaran darah. Tekanan darah menjadi stabil dan terhindar dari hipertensi atau tekanan darah tinggi. Jika tekanan darah menjadi tinggi maka kemungkinan terjadi penyakit jantung koroner bisa menimpa anda.

Menurut seorang hypnitherapis dari American Board Of Hypnotherapy yaitu Frederic Premji, bahwa mandi pagi sebelum subuh dapat menurunkan resiko tekanan darah tinggi, varises, dan mengeraskan pembuluh darah. Mandi pagi dapat melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Bagi yang punya riwayat oenyakit darah tinggi, alangkah baiknya untuk selalu mandi sebelum subuh, agar tekanan darah menjadi lancar dna hidup menjadi lebih sehat.

Menurunkan Stres

Stres bisa terjadi karena banyak masalah yang menyebabkan sirkulasi darah tidak normal di dalam otak. Oleh karena itu, mandi pagi dapat menjadi solusi bagi anda untuk mengatasi stres dan depresi. Dan ingatlah mandi pagi sebelum subuh dilakukan dengan menggunakan air dingin bukan air hangat.

Untuk Kecantikan

Selain bermanfaat bagi kesehatan, mandi pagi juga sangat baik untuk kecantikan kulit, yaitu dapat membuat kulit menjadi halus dan kenyal. Kenapa hal ini bisa terjadi, alasannya adalah air dingin dapat menutup pori-pori kulit yang besar sehingga kulit menjadi tidak kasar. Dan bagi anda yang memiliki mata panda sebaiknya mandi pagi setiap hari agar peredaran darah di bagian bawah mata menjadi lancar dan warna hitam atau mata panda menjadi hilang.

Air dingin jika disiramkan pada rambut di pagi hari ternyata dapat membuat rambut lebih sehat. Air dingin bisa menutupi kutikula rambut sehingga dapat mengurangi kerontokan.

Dapat Meningkatkan Kesuburan

Bagi pasangan muda yang sedang merencakan program hamil, sebaiknya mandi sebelum subuh, karena ternyata mandi pagi dengan air dingin memiliki efek yang sangat positif untuk meningkatkan hormon kesuburan yaitu hormon estrogen pada wanita dan hormon testosteron pada pria. Selain itu, jaga pula asupan makanannya ya.

Mandi pagi sebelum subuh sangat baik bagi kesehatan, tapi bagi para penderita penyakit tertentu sebaiknya mandi pagi dilakukan dengan menggunakan air hangat. Seperti pada penderita penyakit kulit misalnya eksim. Jika penderita eksim mandi dnegan air dingin maka akan mengakibatkan gatal-gatal. Dan penderita reumatik sebaiknya mandi dengan air hangat agar otot tidak kaku dan persendian menjadi baik.

Hanya selingan saja, bagi anda yang ingin mengeluarkan racun dari dalam tubuh anda bisa menggunakan air hangat dengan suhu kurang lebih 35 derajat selsius saat mandi di pagi hari. Air hangat dapat membuka pori-pori kulit sehingga racun dari dalam tubuh keluar.

Dan bisa juga digunakan untuk para wanita yang akan membersihkan kulit dari kotoran. Caranya basuh kulit wajah dengan air hangat dan bersihkan, lalu basuh dengan air dingin agar pori-pori tertutup kembali.

Demikian informasi seputar manfaat mandi pagi sebelum subuh bagi kesehatan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.Keep healthy.
Selasa, 20 September 2016

Arti Kelahiran Seseorang dilihat dari Hari Kelahirannya

Arti Kelahiran Seseorang dilihat dari Hari Kelahirannya. Kata orang tua zaman dulu, sifat dan karakter seseorang bisa ditentukan dari hari kelahirannya. Memang agak aneh sih, tapi beberapa orang percaya dan itu adalah kenyataan. Ada yang aneh lagi, saat mau nentuin tanggal pernikahan, harus dilihat hari kelahiran antara kedua calon pengantin. Seperti beberapa waktu lalu yang dialami temanku.

Walaupun demikian tidak ada salahnya kita cari tahu apa arti dari hari kelahiran kita. Mungkin saja bisa bermanfaat di saat-saat tertentu. Berikut ini pembahasan tentang sifat dan karakter seseorang dari hari kelahiran. Mangga disimak!
arti hari kelahiran seseorang, sifat, dan karakternya
HARI SENIN = BUNGA

Sesuai dengan artinya yaitu bunga, orang yang lahir pada hari senin banyak disukai oleh orang-orang, mungkin oleh hewan dan tumbuhan juga. Hehe. Mereka adalah orang yang selalu berias diri dan memperhatikan penampilan dari atas hingga bawah agar selalu terlihat cantik dan indah. Inilah kelebihan dari si hari Senin, dia tak pernah terlihat kusut dan kucem, walaupun tidak ada yang lihat, di rumahnya saja selalu rapi dan indah.

Sifat yang dimiliki oleh orang yang lahir di hari senin adalah dia orang yang sangat baik, selalu memberi. Namun itu tidak berlaku ke semua orang, dia baik hanya kepada orang yang sudah sangat akrab dengannya. Terkadang dia selalu menampikkan diri dan menyombongkan diri bahwa dialah yang paling keren.

Untuk urusan asmara, dia memang jagonya. Sebagian diantaranya ada yang setia dan hanya bermain-main saja.

HARI SELASA = API

Api memang selalu menggebu-gebu. Inilah gambaran dari seseorang yang lahir di hari Selasa. Sifatnya yang selalu semangat dalam berbagai hal menjadikan dirinya orang yang selalu sukses dan selalu tercapai semua keinginannya.

Dia termasuk orang yang cuek, tapi dibalik kecuekannya ada kebaikan yang tak pernah terbayangkan. Dirinya selalu membantu orang ketika orang tersebut berada dalam kesulitan. Dia akan menolongnya sampai selesai.

Dalam urusan asmara, dia termasuk tipe yang setia dan sulit untuk jatuh cinta lagi. Jadi buat siapa saja yang jadian sama ini orang, jangan coba-coba deh buat ngekhianatinya, karena dia bisa marah dan membesarkan masalah. Diam-diam dia menusuk.

HARI RABU = DAUN

Orang yang lahir pada hari Rabu merekalah orang yang selalu diam dan sangat ramah dalam segi apapun. Kepribadiannya sangat dermawan sehingga banyak yang menyukainya. Namun ada juga orang yang selalu ingin menjatuhkannya saat dia berada di atas. Karena sifat dari hari Rabu ini pendiam dan mudah percaya, orang yang ingin menjatuhkannya selalu dia percayai juga. Dia sangat mudah terbawa arus.

Kalau untuk urusan asmara, sangat tepat sekali memilih orang yang lahir di hari Rabu. Kenapa? Karena dia adalah seorang yang penyayang dan bahkan tidak pernah marah dan selalu mengalah.

HARI KAMIS = ANGIN

Kamu lahir hari kamis? Kamu memang jagonya. Sama seperti halnya hari selasa kamu adalah tipe orang yang sangat semangat dalam segala hal apalagi jika itu adalah cita-cita yang ingin kamu gapai. Kamu memang orang baik, tapi terkadang kamu lupa akan kebaikan orang lain yang pernah membantumu. Inilah sifat yang jelek dari kamu.

Selain itu, kamu juga sering banyak bicara, curigaan, dan selalu memandang orang lain akan keburukannya. Inilah sifat yang harus kamu ubah apalagi kalau kamu dapat pasangan. Jangan sampai kamu bawel dan selalu mencurigai pasanganmu. Ini akan menyebabkan hubunganmu gak harmonis.

Walaupun demikian, kamu punya satu lagi sifat baik, yaitu tidak pernah dendam. Walaupun ada orang lain yang pernah mengejek atau menjelek-jelekanmu, kamu tetap santai saja.

HARI JUMAT = AIR

Seperti halnya air, orang yang lahir pada hari Jumat adalah orang yang selalu memberikan ketenangan. Ketika ada temannya yang curhat pasti dia selalu memberikan solusi dan menenagkannya.

Orang yang lahir hari jumat termasuk tipe orang yang pendiam namun menghanyutkan. Dia terlihat pendiam di mata orang yang belum mengenalnya, tapi padahal dia banyak bicara. Hanya saja pembicaraan dia selalu diperhatikan. Pembicaraan yang tidak ada gunanya dia tinggalkan.

Ada kebaikan pasti ada keburukan. Sifat jelek yang dimiliki dari si air ini adalah dia terkadang keras kepala dan suka membanggakan diri. Semua keinginannya harus dituruti, kalau tidak pasti dia akan cemberut. Nah, buat kalian yang punya pasangan yang lahir di hari jumat siap-siap aja.

HARI SABTU = BUMI

Si Sabtu ini ternyata orang yang luar biasa. Dia memiliki kemampuan yang hebat. Cita-citanya tinggi dan baik hati kepada orang lain walaupun itu adalah musuhnya. Dia termasuk orang yang suka memberi, apapun yang orang lain minta pasti dia berikan asal itu bermanfaat. Dia juga adalah orang yang tidak pernah putus asa, sebelum cita-citanya tercapai dia akan berusaha semaksimal mungkin. Inilah yang menjadikan dia sebagai pribadi yang disukai.

Tapi sifat buruk tak lepas juga dari orang yang lahir di hari Sabtu, ternyata dia terkadang egois dan serakah. Walaupun dia suka memberi tapi tak lepas dari sifat riya. Hm, berarti dia ingin selalu terlihat baik di mata orang lain.


HARI MINGGU = MEGA

Dia adalah orang yang sangat baik di hadapan teman-temannya, karena itu dia adalah orang yang friendly dan jarang punya musuh. Dia termasuk orang yang sangat giat dalam bekerja. Namun, dalam hal menggapai sesuayu yang tidak tercapai dia selalu membiarkan air matanya berlarut-larut.

Di depan keluarganya, dia adalah orang yang selalu ingin dituruti. Jika keinginannya tidak dituruti dia akan mudah cuek tapi akan melakukannya sendiri dengan cara apapun. Untuk urusan cinta, dia adalah orang yang sangat setia.

Jadi, kamu lahir hari apa? Sama gak dengan sifat kamu. Kalau sama berarti emang bener. Hehe.

Bagikan ke teman kalian juga ya, lihat sama gak hari lahir dan sifatnya. Semoga bermanfaat. Bye.
Senin, 19 September 2016

17 Macam Penyakit dan Cara Mengatasinya Secara Alami

17 Macam Penyakit dan Cara Mengatasinya Secara Alami. Penyakit selalu datang kapan saja, mungkin di jam berikutnya kita akan jatuh sakit. Namun datangnya penyakit adalah disebabkan karena ulah kita sendiri yaitu seperti makanan yang kita konsumsi, kurang menjaga kebersihan lingkungan, dan lain sebagainya. Ada juga beberapa penyakit yang disebabkan oleh musim dan suhu lingkungan seperti flu dan pilek.

Sebagai orang yang cerdas kita wajib menjaga diri kita dari datangnya penyakit dan menjauhi sumber penyakitnya, namun jika penyakit terjadi pada tubuh kita satu-satunya cara adalah dengan mengobatinya.

Mungkin diantara kita banyak yang berobat menggunakan jasa dokter dengan obat yang menumpuk, padahal bahan di sekitar kita bisa dimanfaatkan sebagai obat dari penyakit yang diderita. Kita harus ingat bahwa obat dari pabrik mengandung bahan kimia, walaupun itu tidak berbahaya jika dibiarkan terus-menerus berada di dalam tubuh kita itu tidak baik. Oleh karena itu lebih baik menggunakan bahan alami saja. Walaupun bahan alami dirasa lama proses pengobatannya, tapi tidak akan menimbulkan efek samping apa-apa.

Berikut ini saya akan berbagi informasi mengenai beberapa macam penyakit dan cara mengatasi dan mengobatinya secara alami. Silahkan disimak!
cara mengatasi penyakit dalam dan luar secara alami
Ilustrasi Sakit
1. Kolestrol dan Diabetes

Kolestrol memang tidak ada habisnya dibahas. Kolestrol yang tinggi disebabkan karena makanan yang kita konsumsi memiliki kadar lemak yang sangat tinggi ditambah dengan kurangnya beraktivitas dan olahraga sehingga yang terjadi adalah munculnya penyakit diabetes. Selain disebabkan karena kolestrol, diabetes juga disebabkan karena kadar gula yang sangat tinggi dalam darah.

Untuk mengobatinya secara alami, cukup dengan merebus daun salam bersama laos dan minum air rebusannya setiap hari. Cara seperti ini biasa dilakukan oleh orang tua zaman dulu, dan terbukti mereka lebih sehat.

Faktanya daun salam mengandung flavonoid dan tanin sebagai zat yang mampu menurunkan kolestrol dan menurunkan kadar gula dalam darah. Dan laos mengandung minyak atsiri untuk membantu memperlancar sirkulasi darah dan proses pengeluaran metabolisme seperti kolestrol berlebih.

2. Hipertensi

Hipertensi atau biasa disebut dengan tekanan darah tinggi, biasa terjadi pada orang dewasa yang memiliki tubuh gemuk dan jarang beraktivitas. Tapi tak sedikit pula orang kurus berpotensi hipertensi.

Hipertensi disebabkan karena asupan makanan yang memiliki kalori sangat tinggi dan kolestrol berlebih. Selain itu bisa disebabkan juga karena faktor genetik.

Jika sudah terkena hipertensi kita harus bisa menjaga asupan makanan jangan sampai memilih makanan yang bisa menaikan tekanan darah, seperti daun singkong, gorengan, makanan asin, dan makanan sejenis lainnya. Untuk mengurangi tekanan darah konsumsilah daun seledri setiap hari. Faktanya daun seledri mengandung phthalide yang mampu mengendurkan otot arteri sehingga menurunkan tekanan darah dan mengurangi produksi hormon stres.

Selain itu lakukan juga olahraga rutin agar tekanan darah stabil dan jantung tetap sehat.

3. Batuk

Cara mengatasi dan mengobati batuk dengan cara alami sudah kita ketahui, yaitu dengan meminum campuran perasan air jeruk nipis yang ditambah dengan madu.

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang dapat memperbaiki ketahan tubuh dan melawan flu. Dan berfungsi sebagai antiseptik yang mampu membuang racun dalam tubuh. Selain itu kandungan dari air jeruk nipis dapat meredakan radang di tenggorokan.

Madu sebagai penambah berfungsi sebagai antiseptik dan untuk menambah tenaga dalam melawan penyakit.

4. Luka

Bagi orang dewasa jarang sekali terkena luka, tapi terkadang bagi ibu rumah tangga luka bisa terjadi karena pisau saat memasak, dan luka bisa terjadi karena kecelakaan dan lain-lain.

Untuk mengobatinya, cukup gunakan madu saja. Bersihkan terlebih dahulu lukanya lalu oleskan madu. Selain sebai antiseptik alami, madu mengandung hydrogen peroxide dan gluconic acid yang dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab infeksi. Dan madu ini akan membantu dalam proses pertumbuhan sel baru.

5. Sakit Kepala

Sakit kepala bisa disebabkan karena efek dari stres dan kurang atau kelebihan tidur. Untuk mengurangi sakit kepala ini rebuslah jahe, sereh, dan ketumbar, lalu minum air rebusannya. Ketiga bahan ini mengandung minyak atsiri yang dapat memperlancar peredaran darah terutama di kepala dan berfungsi sebagai zat analgetik untuk mengurasi rasa sakit.

6. Sakit Mens

Mens atau haid sering dirasakan oleh para wanita ketika datang bulan. Hal ini disebabkan karena tidak lancarnya darah yang keluar dan rahim membengkak. Biasanya mereka mengkonsumsi obat anti nyeri di warung-warung, padahal itu tidak baik.

Untuk mengatasi nyeri haid lakukan dengan cara alami, yaitu rebus kunyit bersama dengan asam jawa. Minum air rebusannya ketika nyeri haid datang.

Kunyit mengandung kurkumin dan asam jawa mngandung fruit acid yang akan membuat darah yang keluar menjadi lancar dan mengurangi kram perut.

7. Bau Mulut

Bau mulut bisa disebabkan dari makanan atau kurangnya kita dalam memperhatikan kesehatan mulut. Biasanya bau mulut juga disebabkan dari gigi yang jarang dibersihkan dari sisa makanan.

Untuk mengatasi bau mulut berkumurlah dengan sir rebusan daun sirih, cengkieh dan kunyit. Ketiga bahan alami ini menjadi antiseptik alami untuk mengatasi bakteri penyebab bau mulut.

8. Keputihan

Keputihan sering dialami setiap wanita ketika akan datang haid atau setelahnya. Keputihan yang wajar adalah keputihan yang tidak bau dan berwarna bening dan ini adalah bagian dari keadaan wanita. Namun jika dibiarkan akan menjadi hal yang serius apalagi jika keputihan tersebut berwarna kuning sampai hijau dan bahkan berbau busuk.

Untuk mengatasi keputihan rebuslah daun sirih dengan sambiloto. Lalu jadikan sebagai pencuci bagian kewanitaan. Daun sirih berfungsi sebgai antiseptik dan sambiloto berfungsi sebagai antiflamasi  yang dapat membunuh jamur penyebab keputihan.

9. Mimisan

Untuk mengatasi mimisan adalah gulung daun sirih yang teah dibersihkan dan masukkan ke dalam lubang hidung. Kalau orang kampung biasanya menggunakan daun bebadotan untuk menahan darah yang keluar dari hidung.

Untuk lebih lengkapnya baca Tips Mengatasi Mimisan Secara Alami

10. Susah Tidur

Susah tidur memang bukan suatu penyakit, tapi jika dibiarkan berbagai penyakit akan berdatangan.

Untuk mengatasi sulit tidur ini adalah dengan mengoleskan minyak lavender pada bantal dan bawah hidung. Aroma terapi dari minyak ini akan membuat pikiran rileks. Dan anda juga bisa meminum jus mentimun, pisang, dan biji pala. Ketiga bahan ini dapat membuat fikiran menjadi tenang.

11. Bibir Kering

Bibir kering disebabkan karena kurang cairan dalam tubuh atau karena seringnya terpapar sinar matahari. Anda bisa mengatasinya dengan banyak minum air putih. Selain itu agar bibir tidak pecah, gunakan madu dan olesi pada kulit bibir. Madu dapat melembabkan bibir yang kering agar tidak pecah.

12. Gigi Kuning

Gigi putih memang menjadi dambaan semua orang. Untuk memutihkan gigi biasanya kita sering menggosok gigi. Namun jika terlalu sering gigi tidak akan kuat dan bahkan mudah rapuh. Untuk mengatasi gigi kuning ini gunakan bahan alami dari buah-buahan, yaitu hancurkan buah stroberi dan campur dengan setengah sednok teh baking soda atau secukupnya. Oleskan pada gigi selama beberapa menit. Lalu berkumur.

Namun menggunakan cara ini juga jangan terlalu sering karena baking soda bukan termasuk bahan alami, tetap akan ada dampaknya bila terlalu sering. Yang terpenting adalah sering konsumsi air putih dan buah-buahan agar gigi tetap putih dan bersih.

13. Kerutan

Kerutan adalah penyakit tua bagi semua orang. Jika usia sudah menginjak 25 sampai 30-an, kerutan pasti akan terlihat. Selain sering mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi rawat juga kulit anda dengan cara alami, yaitu dengan menggunakan putih telur sebagai amasker alami.

Putih telur mengandung albumin yang berfungsi sebagai pelembab dan dapat mengencangkan kulit. Baca juga Masker Kulit Manggis untuk Kulit Awet Muda

14. Ketombe

Untuk mengatasi ketombe adalah dengan menggunakan shampo alami yaitu jeruk nipis. Namun anda bisa juga menggunakan irisan cabe rawit dengan jeruk nipis dan oleskan pada kepala sebelum anda berkeramas.

Cabe rawit mengandung kapsaisin yang mampu membunuh bakteri dan jamur penyebab timbulnya ketombe. Sedangkan jeruk nipis mengandung fruit acid yang mampu menjadi antiseptik alami.

15. Sakit Gigi

Cara mengatasi sakit gigi adalah dengan merebus daun serai dengan 2 gelas air, lalu tunggu sampai air rebusan menjadi 1 gelas saja. Diamkan sampai dingin lalu berkumur dengan air rebusan tersebut. Selain itu, orang dulu biasanya menggunakan air garam untuk berkumur. Dan terbukti bisa mengurangi rasa nyeri gigi.

16. Keseleo atau Terkilir

Keseleo atau terkilir biasanya dibawa ke tukang urut karena takut terjadi cedera. Anda juga bisa mengurangi rasa nyeri dengan menumbuk 2 batang serai dan 3 buah kemiri. Lalu panaskan diatas api. Selagi masih panas tempatkan pada bagian yang terkilir. Rasa nyeri akan sedikit hilang.

17. Sakit Maag

Sakit maag memang tidak tertahankan apalagi jika maagnya sudah kronis. Maag ini bisa disebabkan karena jam makan yang tidak teratur dan jarang sarapan di pagi hari.

Untuk mengatasi maag bisa menggunakan bahan alami, yaitu dengan merebus serai dengan 2 gelas air dan biarkan sampai volume air berkurang setengahnya. Minum air rebusan tadi secara teratur. Dan ubahlan pola makan yang sehat, yaitu 3 kali sehari.

Penyakit bisa datang kapan saja. Oleh karena itu kita harus punya benteng diri agar penyakit tersebut tidak datang dan menyerang. Kalau sudah sakit pasti sulit untuk melakukan kegiatan.

Jangan terlalu sering menggunakan obat warung, lebih baik gunakan obat alami saja yang ada di alam. Itu lebih baik dan tidak akan ad efek samping apa-apa. Semoga bermanfaat informasi 17 macam penyakit dan cara mengatasinya secara alami ini, mudah-mudahan yang sakit saat ini sembuh total, dan yang sehat mudah-mudahan dijauhkan dari penyakit. Selamat rehat.

10 Manfaat dan Faedah Apabila Kita Mengerjakan Sholat Tahajjud

10 Manfaat dan Faedah Apabila Kita Mengerjakan Sholat Tahajjud. Saat dilanda musibah atau cobaan kita tak lepas dari yang namanya berdoa. Berdoa merupakan kewajiban kita sebagai umat muslim untuk meminta pertolongan dan perlindungan kepada Allah SWT. Namun berdoa tidak dilakukan saat kita diberikan cobaan saja, berdoa harus dilakukan setiap saat walaupun tanpa ada yang ingin kita minta. Seperti berdoa mensyukuri semua nikmat yang telah Allah berikan kepada kita atau yang lainnya.

Berbicara mengenai meminta keinginan kepada Allah tak lepas dari sholat. Saat kita punya hajat pasti kita selalu menunaikan sholat hajat dan dilanjutkan dengan berdoa. Namun ada sholat yang memiliki manfaat luar biasa dibaliknya selain dari sholat hajat. Sholat ini dianjurkan untuk dilakukan setiap hari dan bahkan orang yang mengerjakannya akan mendapatkan pertolongan Allah di akhirat kelak, saat di dunia semua keinginannya akan tercapai. Namanya Sholat Tahajjud.

Sholat Tahajjud merupakan sholat yang dilakukan pada malam hari dan sangat dianjurkan dilakukan pada sepertiga malam terakhir. Sholat ini termasuk sholat sunnah namun memiliki manfaat dan faedah yang luar biasa.
manfaat dan faedah sholat tahajjud
Kita pasti sudah tahu sholat tahajjud itu seperti apa, namun terkadang diantara kita sulit untuk melakukannya bisa karena malas, tidak ada niat, atau dilakukan saat ada keinginan saja.

Baca : Tata Cara Lengkap Sholat Tahajjud dan Bacaan Doanya

Padahal sholat tahajjud memiliki faedah yang dahsyat yang mungkin belum kita ketahui. Berikut ini akan saya paparkan manfaat dan faedah dari sholat tahajjud.

10 Manfaat dan Faedah Sholat Tahajjud

1. Mencegah Berbuat Dosa dan Sebagai Penghapus Dosa

Diriwayatkan dari hadis riwayat At-Tirmidzi bahwasannya Rasulullah Saw. bersabda yang artinya : "Lakukanlah qiyamul lail, karena itu kebiasaan orang saleh sebelum kalian, bentuk taqarub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah."

Qiyamul lain berarti sholat Tahajjud, karena merupakan sholat yang dilakukan pada malam hari ketika orang-orang sedang tertidur lelap.

2. Membuat Wajah Bercahaya

Bandingkan orang yang selalu sholat di malam hari dengan yang tidak pernah mengerjakannya sama sekali, wajah mereka akan berbeda. Orang yang selalu mengerjakan sholat tahajjud akan mendapatkan cahaya dari Allah SWT, karena itu wajah mereka bersinar penuh dengan ketakwaan.

Ulama kharismatik kota Basrah, Al Hasan Al Basri pernah ditanya orang mengenai sholat tahajjud. Katanya " Kenapa orang-orang yang membiasakan diri salat tahajjud di malam hari mukanya tampak cerah, berseri-seri dan berwibawa?" Beliau pun menjawab "Karena mereka selalu bercengkrama dengan Tuhan yang Maha Penyayang di kegelapan malam, maka Dia pun memberikan kepada mereka cahaya dari cahayaNya."

3. Jaminan Masuk Surga

Sholat tahajjud merupakan sholat sunnah yang paling utama dilaksanakan, karena selain banyak faedah yang di dapat Allah sangat sayang kepada orang yang setiap malamnya dipakai hanya untuk beribadah kepadaNya, karena itu Allah akan memasukkan orang yang melaksanakan sholat tahajjud dengan ikhlas ke dalam surga.

Rasulullah Saw. pernah mengatakan bahwa "Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, sholat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat." (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmidzi)

4. Mendapat Keringanan Ketika dihisab di Akhirat

Orang yang selalu mengerjakan sholat tahajjud pasti akan mendapatkan kemudahan dan perlindungan dari Allah SWT baik di dunia maupun diakhirat. Suatu hari Rasulullah Saw. bersabda "Barang siapa mengerjakan sholat tahajjud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan : 5 macam kemuliaan di dunia dan 4 macam di akhirat."

4 macam kemuliaan di akhirat itu adalah :
  • Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur
  • Di hari pembalasan nanti akan mendapat keringanan ketika dihisab
  • Ketika menyebrangi jembatan shirotol Mustaqim bisa melakukannya dengan sangat cepat seperti halilintar yang menyambar
  • Catatan amalnya diberikan di tangan kanan
5. Akan Memperoleh Cinta dari Allah SWT

Allah sangat cinta kepada orang yang selalu melakukan ibadah, apalagi jika ibadah tersebut dilakukan ketika orang-orang pada terlelap tidur. Di jam sepertiga malam terakhir Allah turun ke bumi dan melihat siapa saja hamba yang meminta dan berdoa kepadaNya dengan penuh keikhlasan, maka Allah akan sangat cinta dan akan mengabulkan semua hajatnya.

6. Sholat Tahajjud Merupakan Sholat yang Paling Utama Setelah Sholat Fardhu

Hadis Rasulullah Saw. Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah ditanya: "Sholat apakah yang paling utama setelah sholat fardhu (yang lima waktu) ?” Beliau menjawab: “Sholat yang paling utama  setelah sholat fardhu adalah sholat (sunnah) di tengah malam (sholat Tahajjud)." (Imam Al-Bukhari dan Muslim)

7. Sholat Tahajjud Dapat Menyehatkan Paru-paru

Sholat tahajjud lebih afdol dilakukan di sepertiga malam terakhir. Di jam inilah kondisi bumi masih segar tanpa ada polusi. Saat kita terbangun menghirup udara pasti kita lakukan, udara dini hari yang masuk ke dalam paru-paru kan membersihkan paru-paru kita dari kotoran dan polusi. Selain itu tubuh kita akan terasa lebih segar dengan mengambil air wudhu.

8. Melancarkan Aliran Darah

Gerakan sholat sama seperti halnya kita berolahraga. Olahraga sangat baik bagi kesehatan terutama bagi otot-otot yang kaku. Otot kaku bisa disebabkan karena lairan darah dalam tubuh tidak mengalir lancar akibatnya kita sering merasa pegal. Dengan sholat tahajjud di pagi hari sebelum subuh akan menggerakkan seluruh badan dan otot sehingga aliran darah menjadi lancar.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Karena setiap hari kita melaksanakan sholat tahajjud maka kekebalan tubuh kita semakin meningkat. Hal ini karena kita terbangun sebelum matahari terbit dengan langsung mengerjakan gerakan-gerakan sholat, dan kita menghirup udara sejuk yang terbebas dari radikal bebas.

10. Pikiran Jauh Lebih Segar

Berdoa di malam hari tanpa ada yang mengganggu pasti pikiran kita akan lebih tenang dan memahami apa yang kita baca saat sholat. Ini merupakan pelajaran yang bisa diaplikasikan di kegiatan sehari-hari. Pikiran jauh lebih fokus dan segar karena asupan udara ke otak yang tidak ada polusi. Selain itu cukup tidur membantu pikiran lebih rileks, karena kebutuhan tidur kita hanya 7 - 8 jam sehari, tidur pada jam 8 malam dan bangun pada pukul 3 dini hari.

Itulah 10 manfaat dan faedah apabila kita rajin mengerjakan sholat tahajjud. Masih ingin menundanya? Sampai kapan? Lakukanlah sholat tahajjud dengan ikhlas dan dengan cara sholat yang baik. Insyaallah manfaat tersebut akan kita dapatkan. Wallahu'alam.
Sabtu, 17 September 2016

Tips Mengatasi 10 Macam Penyakit Pada Anak Tanpa Perlu ke Dokter

Tips Mengatasi 10 Macam Penyakit Pada Anak Tanpa Perlu ke Dokter. Bagi yang sudah menikah hal yang paling dinanti adalah memiliki momongan. Anak merupakan karunia terindah yag dirasakan oleh orang tua apalagi jika sang anak masih dalam masa lucu-lucunya. Saat anak sedang bermain dan tertawa orang tua pun pasti akan merasa bahagia, apalagi bunda yang setiap hari dan setiap waktu merawatnya.

Ketika anak sakit pasti bunda akan bingung dan resah takut terjadi apa-apa pada si anak. Banyak diantara kita yang langsung maen obat dan pergi ke dokter. Nah, bagaimana kalau anak sakit di malam hari, sedangkan Rumah Sakit jauh dan dokter spesialis anak sudah tutup? Bunda gak usah khawatir ada tips yang bisa bunda lakukan untuk mengatasi sakit pada anak, cukup di dirawat di rumah saja dan insyaallah cepat sembuh. Berikut 10 tips mengatasi sakit pada anak.

1. Ketika Anak Demam

Demam disebabkan karena anak kecapean atau di siang hari anak terlalu asyik bermain di bawah trik matahari. Biasanya demam terjadi di malam hari, sedangkan malam hari biasanya dokter atau bidan sudah tutup.
tips dan cara mengatasi anak sakit tanpa ke dokter
Untuk mengatasi demam pada anak, bunda cukup menggunakan bawang merah. Pakaikan baju tipis pada anak dan kompres dahinya dengan air hangat. Lalu balurkan bawang merah pada tubuhnya. Agar anak tidak rewel berikan madu dan air kelapa muda. Biarkan kompresan dan baluran bawang merah menempel semalaman sampai demam anak reda. Insyaallah sembuh.

Jika demam masih berlanjut sampai pagi, kemungkinan ada penyakit lain pada anak. Segera bawa anak ke dokter spesialis.

2. Pilek dan Hidung Tersumbat

Kalau anak sudah pilek dan hidungnya tersumbat pasti rewel. Disuapin pasti gak mau makan atau yang masih bayi gak mau minum ASI. Bunda gak usah panik, jangan dikit-dikit dikasih obat. Cara mengatasinya bunda cukup sediakan air panas, lalu tetesi dengan minyak telon atau minyak kayu putih. Hiruplah uap air panas yang sudah ditetesi minyak telon oleh anak bunda. Jangan biarkan suhu ruangan dingin dengan mematikan AC. Bila perlu olesi pelipisnya dengan pala bubuk yang ditetesi minyak telon. Pilek dan hidung tersumatnya akan berkurang.

3. Ketika Anak Batuk

Batuk biasanya terjadi setelah anak demam atau flu dan rata-rata disertai dahak pada tenggorokannya. Untuk mengatasi anak ketika batuk bunda jangan langsung ambil obat, apalagi obat dari warung. Cukup gunakan perasan jeruk nipis dan madu, aduk lalu minum. Jika tidak ada jeruk nipis bunda bisa menggunakan bunga belimbing atau kencur dan ditambahkan madu agar rasanya tidak pahit.

4. Sakit Tenggorokan

Ketika anak sakit tenggorokan biasanya akan sulit makan dan minum karena terjadi peradangan pada dinding tenggorokan. Peradangan ini biasanya disebabkan karena kuman dari makanan.

Untuk mengatasinya, bunda bisa memberinya air hangat yang dicampur dengan perasan jeruk nipis dan madu atau buat anak bunda yang sudah besar bisa berkumur dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam.

5. Diare

Kalau anak sudah diare bunda pasti merasa salah memberinya makan apa sebelum dia sakit. Memang diare ini sering disebabkan karena makanan yang tidak higienis atau bisa saja karena masuk angin.

Untuk mengatasinya berikan dia minum sebanyak-banyaknya agar tidak terjadi dehodrasi karena diare mengeluarkan cairan yang banyak. Selain itu berikan dia oralit alami dengan mencampur air, garam, dan gula. Bunda juga bisa menggunakan daun jambu muda untuk mengatasinya.

6. Sariawan

Selain sakit tenggorokan anak akan sulit makan kalau sariawan. Sariawan disebabkan oleh kuman dari makanan dan kurangnya memperhatikan kebersihan mulut. Mengatasinya cukup mudah, tumbuk daun saga dan tetesi dengan madu lalu tempelkan pada bagian sariawan. Lakukan secara rutin ya bun. Dan jagalah kebersihan mulut anak.

7. Cacingan

Ciri-ciri dari cacingan pada anak adalah badannya kurusan tapi makannya tetap banyak, dan bahkan selalu ingin nambah. Bunda harus cepat-cepat ambil tindakan jika anak mengalami ini. Dan biasanya anak sering menggaruk bagian belakangnya.

Mengatasi cacingan bisa menggunakan obat cacing, tapi ada cara alami yang bisa bunda lakukan yaitu berikan dia makan petai. Petai mengandung belerang dan tannin yang mampu membunuh cacing di dalam perut. Cacing akan keluar melalui tinja.

8. Mengobati Luka Lecet

Kalau anak sudah aktif bermain pasti sulit menghentikannya dan kadang tidak sadar dia terjatuh atau terluka dari mainan yang dia mainkan. Untuk mengatasinya bunda bisa mengoleskan madu pada luka lecetnya. ersihkan terlebih dahulu lukanya lalu olesi sedikit madu. Madu sangat kaya akan nutrisi dan berkhasiat sebagai desinfektan alami sehingga mampu megobati luka. Lakukan beberapa kali dalam sehari ya bun supaya lukanya cepat sembuh.

9. Saat Anak Bisulan

Orang tua zaman dulu biasanya kalau ada bisul suka dijampe atau dibaca doa dengan memijitnya perlahan. Tapi bunda bisa menggunakan bahan alami untuk mengatasinya. Giling daun bayam duri lalu tambahkan sedikit madu. Tempelkan pada bagian yang bisul. Diamkan sampai bisul kering. Setelah kering oleskan putih telur dan madu untuk menghilangkan bekasnya. Dicoba ya bun.

10. Anak Susah Makan

Nih penyakit terakhir pada anak yang bikin bunda dan ayah bingung. Susah makan belum tahu disebabkan oleh apa. Tapi bunda bisa mengatasi anak yang susah untuk makan. Berikan dia herbal alami temulawak. Caranya bunda bisa memarudnya dan campurkan dengan air, lalu saring. Air saringan temulawak bisa langsung diminum oleh anak atau untuk mengatasi rasa pahitnya bunda bisa mencampurnya dengan madu.

Nah itulah beberapa tips mengatasi 10 macam penyakit pada anak tanpa perlu pergi ke dokter. Sangat mudah kan bun? Jadi bunda tak perlu bawa langsung ke dokter. Dikit-dikit jangan langsung minum obat, berikan saja obat alami. Insyaallah sembuh. Bahannya juga mudah di dapat kan bun dan pasti selalu tersedia di rumah. Semoga bermanfaat dan si kecil lekas sembuh ya. Bye.